Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke : 7
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative
Merespons makna dan langkah retorika dalam esai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative
Indikator
Merespons wacana monolog berbentuk narrative
Mengidentifikasi tokoh dalam teks
Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam wacana: narrative
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat merespons wacana monolog berbentuk narrative
Siswa dapat mengidentifikasi tokoh dalam teks
Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam wacana narrative.
Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk narrative, misalnya:
Close Reading On Narratives
Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Awal (5’)
Siswa mencari arti kata-kata sulit yang akan digunakan dalam wacana
Kegiatan Inti (35’)
§ Siswa membaca dan mendengarkan wacana narrative secara klasikal sambil memerhatikan generic structure wacana dan intonasi pembicara.
§ Siswa merespons isi teks dengan menjawab pertanyaan, temrasuk menentukan tokoh utama dalam wacana.
Kegiatan Akhir (5’)
Siswa membuat kesimpulan tentang tokoh dan generic structure dalam wacana narrative.
Sumber/Alat/Bahan
Buku Progress
Kaset/CD
Tape
Script dari buku Progress
Penilaian
Teknik: Tertulis
Bentuk: Menjawab pertanyaan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar