Sabtu, 07 Februari 2009

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMA Darunnajah
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke : 12
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

Standar Kompetensi
Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi Dasar
Merespons makna dan langkah retorika dalam esai yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative ,explanation dan discussion
Indikator
1. Merespons wacana berbentuk Explanatory text
2. Menentukan judul yang tepat untuk wacana explanatory text yang dibaca
3. Mengidentifikasi tujuan cerita.

Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat merespons wacana berbentukexplanatory text
2. Siswa dapat menentukan judul yang tepat untuk wacana explanatory text yang dibaca
3. Siswa dapat mengidentifikasi tujuan cerita.

Materi Pokok
Wacana monolog berbentukexplanatory text, misalnya:

Snore no More


Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal (5’)
Siswa mengingat kembali berbagai hal mengenai wacana explanatory text

2. Kegiatan Inti (35’)
- Siswa membaca teks berbentuk explanatory text
- Siswa merespons isi teks dengan menjawab pertanyaan, termasuk menentukan judul yang tepat dan tujuan cerita.

3. Kegiatan Akhir (5’)
- Siswa membuat kesimpulan tentang tujuan teks explanation yang baru saja mereka baca.
- Siswa mendapatkan feedback dari guru.

Sumber/Alat/Bahan
- Buku Progress Ganeca exact
Penilaian
- Teknik: Lisan
- Bentuk: Menjawab pertanyaan


Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



Drs. HM. Ghufron Dardiri Iwan Halwani, S. Ag
NIP. - NIP. -

Tidak ada komentar: