Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 13
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
Merespons makna dalam teks yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk narrative
Indikator
Mengidentifikasi makna dalam teks narrative
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam wacana: narrative
Materi Pokok
Teks monolog/esei berbentuk narrative, misalnya:
The Goose with the Golden Eggs
One day a countryman was going to the nest and found there was an egg all yellow and glittering. When he took it up, it was as heavy as lead and he was going to throw it away, because he thought a trick had been played upon him. But he took it home on a second thought, and soon found to his delight that it was an egg of pure gold. Every morning the same thing occurred and he soon became rich by selling its eggs. As he grew rich, he grew greedy and thought to get at once all the gold the goose could give. He killed the ggose and opened it: only to find nothing.
Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique
Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal (10’)
Siswa mengingat kembali penggunaan bahasa dalam teks narrative yang telah mereka baca.
2. Kegiatan Inti (70’)
- Siswa belajar memahami pernyataan dan arti pernyataan itu sebenarnya.
- Siswa membaca kembali teks narrative yang telah mereka baca sebelumnya dan melengkapi kalimat dengan causative form, aktif atau pasif.
- Siswa membaca satu cerita narrative dan menemukan saying, thinking, dan action verbs yang digunakan dalam teks.
- Siswa mempelajari penggunaan kata wish, if only, would rather, as if/as though.
- Siswa menentukan bentuk kata kerja yang tepat pada beragam kalimat.
- Siswa membaca cerita narrative berbentuk fabel dan menuliskan kalimat langsung yang mereka temukan dalam teks, kemudian mengubahnya menjadi kalimat tidak langsung.
- Siswa memberi tanda baca yang tepat.
3. Kegiatan Akhir (10’)
Siswa membuat kesimpulan tentang ciri kebahasaan yang ada pada teks report
Sumber/Bahan/Alat
- Buku Look Ahead 3
Penilaian
- Teknik: Tertulis
- Bentuk: Menjawab pertanyaan
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar