Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMA Darunnajah
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke : 4
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
Standar Kompetensi
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
Indikator
Mengidentifikasi makna tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
Merespons tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
Menggunakan tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu.
Siswa dapat merespons tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu.
Siswa dapat menggunakan tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu
Materi Pokok
Percakapan yang di dalamnya terdapat tindak tutur membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu, misalnya:
A: Is it possible to see Mount Merbabu from here?
B: Maybe.
Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Awal (5’)
Siswa bertanya jawab tentang situasi di mana mereka biasanya menanyakan perasaan dan mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
Kegiatan Inti (35’)
-- Siswa mendengarkan rekaman dari kaset secara klasikal tentang cara membahas kemungkinan atau melakukan sesuatu.
-- Siswa memerhatikan gambar dan percakapan yang ada dalam teks.
-- Secara berpasangan siswa menentukan pertanyaan dan jawaban yang mungkin untuk situasi yang telah ditentukan.
-- Secara berpasangan siswa menampilkan percakapan yang telah mereka buat di depan kelas.
Kegiatan Akhir (5’)
-- Siswa membuat kesimpulan tentang cara menanyakan dan menyatakan kemungkinan atau melakukan sesuatu.
-- Siswa mendapatkan feedback dari guru.
Sumber/Alat/Bahan
Buku Progress (Ganeca Exact)
Kaset/CD
Tape
Penilaian
Teknik: Lisan, Performance assessment
Bentuk: Menjawab pertanyaan, bernain peran
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. HM. Ghufron Dardiri Iwan Halwani, S. Ag
NIP. - NIP. -
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar