Minggu, 01 Februari 2009

RPP Bhs.Inggris XII

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMA Darunnajah
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

Standar Kompetensi
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative

Indikator
Memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
Menentukan pesan dalam cerita

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
Siswa dapat menentukan pesan dalam cerita.

Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk narrative, misalnya:
A daughter found three week after tsunami

Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal (5’)
Siswa bertanya jawab mengenai gambar dalam buku teks.
2. Kegiatan Inti (35’)
- Siswa mendengarkan teks lisan narrative secara klasikal sambil melengkapinya.
- Siswa merespons isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosa kata.
- Secara berpasangan siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan tentang teks narrative yang baru saja mereka dengarkan, termasuk menentukan pesan dalam cerita dan action verbs yang digunakan dalam teks.
- Siswa mengemukakan pendapat berkaitan dengan teks tersebut.
3. Kegiatan Akhir (5’)
Siswa membuat kesimpulan tentang pesan dalam cerita.

Sumber/Alat/Bahan
Kaset/CD
Tape
Script dari buku Progress (Ganeca exact)
Buku Progress (Ganeca exact)
Penilaian
Teknik: Lisan, tertulis
Bentuk: Menjawab pertanyaan

Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



Drs. HM. Ghufron Dardiri Iwan Halwani, S. Ag
NIP. - NIP. -

Tidak ada komentar: