Sabtu, 07 Februari 2009

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke : 15
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit

Standar Kompetensi
Mengungkapkan makna teks fungsional pendek dan teks tulis esai berbentuk narrative, explanation, dan aherí a dalam konteks kehidupan aherí-hari Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan aherí a dalam konteks kehidupan aherí-hari
Kompetensi Dasar
Mengungkapkan makna dan langkah aherí a dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan aherí-hari dalam teks berbentuk: narrative
Indikator
Menulis teks narrative dengan cara melanjutkan potongan cerita dengan memerhatikan generic structure-nya.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis teks narrative dengan cara melanjutkan potongan cerita dengan memerhatikan generic structure-nya.
Materi Pokok
Potongan wacana berbentuk narrative, misalnya:
The Goose with the Golden Eggs
One day a countryman was going to the nest and found there was an egg all yellow and glittering. When he took it up, it was as heavy as lead and he was going to throw it away, because he thought a trick had been played upon him. But he took it home on a second thought, and soon found to his delight that it was an egg of pure gold. Every morning the same thing occurred and he soon became rich by selling its eggs. As he grew rich, he grew greedy and thought to get at once all the gold the goose could give. He killed the ggose and opened it: only to find nothing.

Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique
Langkah-Langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal (5’)
Siswa mengingat kembali berbagai hal tentang teks berbentuk narrative.
2. Kegiatan Inti (35’)
- Secara berkelompok siswa membaca potongan teks narrative yang belum lengkap.
- Siswa berkelompok siswa melanjutkan cerita narrative yang diberikan dengan mengikuti beberapa strategi untuk mengumpulkan informasi.
- Siswa menuangkan kelanjutan cerita narrative yang telah mereka diskusikan ke dalam bentuk tulisan.
3. Kegiatan Akhir (5’)
Siswa mendapatkan feedback dari guru.
Sumber/Alat/Bahan
- Buku Look Ahead
Penilaian
- Teknik: Tertulis
- Bentuk: Melanjutkan cerita

Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


______________________ __________________
NIP. NIP.

Tidak ada komentar: